Penyusunan Dokumen Usulan Kegiatan dan Anggaran

 

Dalam rangka penyusunan RKAKL Tahun 2013 dan pembahasan masterplan balai, maka Pusat Pelatihan KP menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Dokumen Usulan Kegiatan dan Anggaran. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 11 -13 Juni 2012 di Hotel Lorin Sentul.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari proses penganggaran atau penyusunan APBN, dimana dalam proses penganggaran dimaksud kami telah menyusun Renja K/L Tahun 2013 yang mengacu pada prioritas pembangunan nasional dan pagu indikatif yang telah ditetapkan dalam surat edaran bersama antara Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas dengan Menteri Keuangan. Renja K/L tersebut antara lain memuat kebijakan, program dan kegiatan yang dilengkapi dengan sasaran kinerja pelatihan kelautan dan perikanan, serta alokasi anggaran yang berasal dari pagu indikatif, dengan target sesuai rencana kerja pemerintah Tahun 2013 adalah 12.000 masyarakat dan 1.900 aparatur.

Strategi pencapaian visi, misi dan indikator kinerja utama pelatihan oleh Pusat Pelatihan KP pada Tahun 2013, difokuskan pada :

1. Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Pelatihan KP, yaitu pengembangan kelembagaan pelatihan dengan pembangunan beberapa instalasi pelatihan, antara lain di Biak, Merauke, Kalimantan Timur dan Sampang Madura. Selain upaya penguatan kelembagaan pelatihan ditempuh melalui penjaminan mutu pelatihan, standarisasi dan akreditasi lembaga pelatihan baik untuk balai diklat maupun P2MKP. Sedangkan dalam penyelenggaraan pelatihan KP, Balai Diklat akan didorong untuk menyelenggarakan pelatihan tingkat lanjutan, sementara pelatihan-pelatihan dasar KP akan diselenggarakan oleh P2MKP. Disamping itu, Pusat Pelatihan KP akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan Lembaga Uji Kompetensi.

2. Pemenuhan sarana prasarana pelatihan untuk mendukung tujuan pelatihan KP, yaitu pengembangan sarana dan prasarana balai diklat untuk setiap jenis pelatihan.

3. Pengembangan tenaga pelatih dan pengelola kepelatihan meliputi  : analisis tenaga pelatih dan pengelola pelatihan, serta standarisasi dan sertifikasi tenaga pelatih dan pengelola pelatihan.

4. Penguatan sistem penyelenggaraan pelatihan meliputi : penyusunan pedoman/juknis penyelenggaraan pelatihan, standarisasi kompetensi lulusan, penyusunan dan pengembangan lulusan pelatihan dan penyelenggaraan permagangan baik dalam negeri maupun luar negeri.

5. Pemenuhan standar penyelenggaraan pelatihan meliputi : standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan pelatihan, standar sarana prasarana pelatihan, standar pengelolaan pelatihan, standar pembiayaan pelatihan dan standar penilaian.

Peningkatan kompetensi aparatur sesuai target RKP sebanyak 1.900 orang, diselenggarakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil yang difokuskan pada penyelenggaraan diklat teknis dan fungsional, khususnya pada jabatan-jabatan fungsional yang menjadi binaan KKP, serta dalam rangka peningkatan kapasitas tenaga pelatih, baik widyaiswara, instruktur maupun tenaga pengelola pelatihan baik di Pusat maupun di UPT Pelatihan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Badan Pengembangan SDM KP Bapak Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA dan Kepala Pusat Pelatihan KP Bapak Ir Balok Budiyanto, MM.

Dalam penyusunan KAK, RAB dan RKAKL lingkup Pusat Pelatihan KP dan UPT Pelatihan ini menghasilkan :

1. Keseragaman penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan, baik menyangkut komponen maupun perhitungan satuan biaya pelatihan sejenis yang dialokasikan;

2. Meminimalisasikan potensi kerawanan temuan dalam pemeriksaan/audit internal maupun eksternal;

3. Pembiayaan kegiatan yang wajar, tepat, efisien, memiliki daya saing, transparansi dan akuntabilitas setiap pengguna anggaran;

4. Ketepatan perhitungan alokasi anggaran dalam setiap penyusunan anggaran;

Hasil dari pertemuan ini akan menjadi dasar prakiraan maju untuk tahun anggaran berikutnya dan menjadi dasar bahan penelaahan oleh Kementerian Keuangan c.q Direktorat Jenderal Anggaran.