KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN DI BPPP TEGAL-SUPM NEGERI TEGAL

 

Pada hari Sabtu tanggal 8 September 2012, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sharif Cicip Sutardjo melakukan kunjungan kerja ke Kota Tegal dan Kabupaten Brebes. Salah satu agenda MKP pada kunjungan kerja tersebut memberikan ceramah umum kepada siswa dan guru SUPM Negeri Tegal serta Tenaga Pelatih Balai Diklat Perikanan Tegal dengan tema Membangun Indonesia Baru dengan Semangat Ekonomi Kelautan.

Dalam ceramah tersebut, Menteri kembali menegaskan komitmen mengusung paradigma ekonomi biru yang diyakini mampu mengakselerasi industrialisasi kelautan dan perikanan, sehingga sektor ini menjadi penggerak pembangunan ekonomi nasional.

“Ekonomi biru merupakan sebuah paradigma (konsep) baru yang bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi dari sektor kelautan dan perikanan, sekaligus menjamin kelestarian sumberdaya serta lingkungan pesisir dan lautan,” paparnya. Menurut beliau, jika pembangunan sektor kelautan dan perikanan diselaraskan dengan pendekatan Ekonomi Biru, maka pembangunan industrialisasi di sektor kelautan dan perikanan akan berlangsung secara berkelanjutan.

Siwa SUPM Negeri Tegal mendengarkan ceramah umumPendekatan pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan melalui Ekonomi Biru merupakan model pendekatan pembangunan ekonomi yang tidak lagi mengandalkan pembangunan ekonomi berbasis eksploitasi sumber daya alam dan lingkungan yang berlebihan. Di samping konsep ekonomi biru, keberhasilan dari industrialisasi kelautan dan perikanan membutuhkan tenaga, aksi dan terobosan-terobosan seperti perbaikan proses produksi dari hulu hingga hilir, guna meningkatkan daya saing produk perikanan. Terkait hal itu, dibutuhkan sinergitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta maupun masyarakat, termasuk dunia pendidikan.

“Mata rantai antara hulu nelayan/pembudidaya ikan dan hilir pengolahan/ pemasaran) harus kita sambung,” tuturnya. Dalam kunjungan kerja di Kota Tegal, hadir pula Anggota DPR RI Firman Subagyo dan Dito G, Ketua Pembina Yayasan Supersemar Hj Titik Hediati Hariyadi SE (Titiek Soeharto), staf khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan Mujib Rohmat, Kepala Badan Pengembangan SDM KP Syarif Widjaja, Dirjen Perikanan Tangkap Herianto Marwoto, Dirjen Perikanan Perikanan Budidaya Slamet Subijakto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan jajaran Muspida Kota Tegal.